RSS

Krisis Nuklir Jepang akibat Gempa Tsunami, titik bom Resesi Global II tahun 2011!

15 Mar

Minggu 13 Maret 2011, Pemerintah Jepang mengumumkan 160 orang tercemar radiasi berbahaya setelah reaktor nuklir Fukushima meledak. Radiasi merebak setelah gempa bumi dan tsunami yang melanda Jepang pada 9 Maret 2011 menyebabkan retaknya gedung pembangkit nuklir tersebut retak sehingga menyebabkan gangguan sirkulasi pendinginan reaktor.

Gempa Bumi dan Tsunami Jepang menyebabkan bahaya yang lebih dashyat yaitu bahaya radiasi Nuklir Jepang. Dilaporkan bahwa setelah Gempa Bumi dan Tsunami tersebut bursa Nikei anjlok hingga 52 point dan beberapa bursa dunia juga mengalami hal demikian. Sementara itu, para ahli analisis ekonomi mengkhawatirkan terjadinya Resesi Global tahap II terjadi pertengahan tahun 2011 ini.

Krisis Libya berikut efek domino krisis Timur Tengah dan kekhawatiran merebaknya radiasi nuklir Jepang membuat kacau semuanya. Jepang sebagai negara adidaya dengan gelar negara donatur dan funding terkenal sedunia berikut industrinya, jelas mengalami dilema yang luarbiasa saat ini. Benar saja, akhir-akhir ini timbul kekhawatiran akan ekspor impor Jepang, hal ini yang memperparah keadaan global. Bank Sentral Jepang mengucurkan dana 80 milyar USD untuk menjaga stabilitas ekonomi Jepang.

Banyak negara akan berfikir seribu kali untuk ekspor atau impor dari Jepang akibat Radiasi Nuklir tersebut, apa barang-barang konsumsi dan non konsumsi tersebut bebas radiasi. Karena efek radiasi tersebut akan ada hingga beberapa tahun ke depan. Hal ini terjadi seperti kasus Cernobyl Rusia. Hal ini jelas menghambat pertumbuhan ekonomi Jepang dan akan berimbas ke seluruh dunia. Perlu diingat bahwa Jepang juga bertetangga dengan Korea, China, Taiwan, yang notabene adalah negara-negara industri terkenal sedunia. Inilah faktor berantai dari Radiasi Nuklir tersebut. Kecemasan itu cukup beralasan sehingga para spekulan melihat ini sebagai faktor bom resesi tahap II.

Pagi ini USDYen terpantau di level  80.87, EUROUSD di level 1.3984, GBPUSD di level 1.6076. Dari gerakan yang ada tampak volatilitas yang tajam. Hal ini menandakan spekulasi yang tak berarah dari para pelaku pasar. Sementara itu, harga emas di indonesia untuk logam mulia terpantau di level Rp 403.000,- per gram pagi ini. Masih menandakan tingginya minat investor untuk komoditi Safe Heaven tersebut.

Cermati pergerakan tajam ke depan dan kemungkinan memburuknya situasi global ke depan, sehingga kita bisa mengambil langkah antisipatif ke depan.- Fit4Global.

 
Leave a comment

Posted by on March 15, 2011 in Uncategorized

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: