RSS

Resesi Global II tahun 2011 sangat serius!

19 Mar

 

Terbukti mata uang USD melemah terhadap Euro per 17 Maret 2011 pukul 15.00 wib. Membaiknya posisi beberapa bursa dunia menunjukkan reaktif yang bagus paska Gempa Tsunami Jepang yang terjadi minggu lalu. Merosotnya harga emas dunia disebabkan kecenderungan pasar untuk menggunakan uang tunai paska Gempa Tsunami dan Radiasi Nuklir Jepang sebagai aset darurat dibanding emas. Kebutuhan akan uang tunai sangatlah banyak untuk bertahan hidup dan recovery paska bencana tersebut, sehingga aset emas banyak dilepas. Beberapa proyek Jepang di beberapa negara, diprediksi juga banyak tertunda karena Jepang akan fokus memperbaiki struktur dan infrastrukturnya di dalam negeri sendiri.

Emas sempat menyentuh level Rp 398.000,- per gram di Indonesia meski kembali naik sedikit di level Rp 403.000,- per gram. Emas spot sempat melorot hingga 1.380,90 dollar per troy ounce sebelum kembali ke 1.396,75 dollar troy ounce. Ketakutan ancaman global atas Resesi Tahap II tahun 2011 ini, sangat dirasakan dimana-mana. Sebagai informasi, harga logam platinum merosot tajam menyusul melemahnya ekspektasi permintaan dunia otomotif Jepang akibat bencana radiasi nuklirnya. Tak luput juga harga perak juga melorot 6% hingga menyentuh level 33,56 dollar per ounce.  Meskipun demikian, harga emas tetap akan naik ke depan dan sangat dipercaya sebagai aset Safe Heaven di tengah Resesi Global saat ini dan ke depan.

Sementara itu dari Libya dikabarkan masih ada serangan ke penduduk sipil atau penentang Khadafi meski Libya sudah mengumumkan gencatan senjata jumat kemarin menyusul disahkannya Resolusi Dewan Keamanan PBB atas Zona Larangan Terbang di atas udara Libya dan tindakan militer udara atas Libya demi menghentikan aksi militer Khadafi.

Bagi Indonesia, efek Tsunami Jepang turut menghantam perekonomian dalam negeri Indonesia. Total impor Jepang 16.91 milyar dollar (15,62% dari total impor RI), jumlah wisatawan Jepang ke Indonesia sekitar 500 ribu per tahun, dan fakta bahwa Jepang merupakan negara donatur untuk beberapa pembangunan di Indonesia, sangat dirasakan saat ini dan ke depan. Mungkin pelajaran berharga bagi kita, bangsa Indonesia adalah sudah saatnya kita tidak bergantung pada bangsa lain dan mulai membangun struktur dan infrastruktur yang mandiri, berdiri di atas kaki sendiri. Fundamental yang terjadi luarbiasa di beberapa belahan dunia di atas, turut menambah resiko ancaman Resesi Global Tahap II yang diprediksi terjadi tahun 2011 ini. – Fit4Global

 
Leave a comment

Posted by on March 19, 2011 in Uncategorized

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: